Perawatan Honda BeaT

Tips Perawatan Berkala Honda BeAT. Oke, kali ini Okeini akan memberikan informasi tentang Tips Cara Perawatan Berkala Honda BeAT.


 
Sudah hampir selesai masa break-in yaitu penyesuaian komponen-komponen mesin yang bergerak, harus segera ganti oli mesin, ganti oli gigi reduksi akhir, periksa busi, kekencangan baut dan mur, lumasi kabel rem, kabel gas dan lain-lain. Setelah ganti oli mesin ini boleh ngebut sampai top speed deh, rem depan/belakang juga sudah boleh dibejek abis :) .
 
 
Weks memang sudah waktunya Perawatan Berkala ke-1 oli mesinnya sudah Hitam.
 
 
 
 
 
Setelah oli mesin yang lama keluar semua nggak usah disemprot udara bertekanan, miringkan sepedamotor sedikit ke-kiri dan kanan, pasang kembali baut pembuangan oli, kencangkan dengan spesifikasi torsi 24 N.m (2,4 kgf.m), kemudian isi dengan AHM Oil MPX2 khusus untuk mesin dengan kopling terpisah (kopling kering) JASO MB olinya licin untuk pelumasan sempurna, kalau dipakai ke mesin yang koplingnya terkena oli ini (koplig basah) dapat mengakibatkan kopling selip.
 
 
 
 
 
 
Tidak pakai corong (alasan kebersihan) bekas aluminium tutup botol oli ini, standar samping, isi oli rekomendasi pabrik.
 
 
 
 
 
 
Berikutnya bengkelsepedamotor hendak melumasi kabel gas, pangkal kabelnya ada dalam penutup setang sepedamotor, mau buka bagian depannya saja, setelah 4 sekrup dibuka dan juga kedua batang spion, lho koq masih mentok ke penutup bagian depan, yah buka saja deh daripada dipaksa-paksa (bengkelsepedamotor tidak suka memaksa :P )
 
 
 
 
 
 
Lumayan banyak sekrupnya, kalau yang masih tetap hitam adalah sekrup yang tertanam ke bagian plastik, kalau yang ada baret putih adalah sekrup yang tertanam ke drat plat besi, jangan ditukar walaupun panjang dan bentuk sama tapi dratnya sudah sedikit berbeda.
 
 
 
 
Eh iya sekalian cek komstir (steering neck bearing), dan bersih-bersih bekas cipratan air yang naik sampai keatas.
 
 
 
 
Ukur celah kerenggangan busi spesifikasi 0,8 ~ 0,9mm.
 
 
 
 
 
Pakai Anti-seize supaya drat lubang busi awet tidak mudah rusak, kalau tidak ada dapat juga menggunakan oli mesin sedikit cukup pada bagian drat saja.
 
 
 
 
 
Yang ini seperti jurus kung-fu 8 penjuru mata angin, busi bekas (ring-nya sudah gepeng) setelah masuk dengan diputar dengan tangan sampai rapat, ditambah lagi 1/8 putaran, 90 derajat = 1/4 lingkaran, dibagi 2 lagi jadi 1/8, posisikan tangan seperti gambar, dorong kunci sampai segaris dengan posisi telapak tangan.
 
 
 
 
 
 
 
Yang ini cuma cek saja IN dan EX 0,10mm dapat masuk, 0,15mm tidak dapat masuk, mau disetel batas spesifikasi-nya belum tahu, masih mencari Service Manual Honda BeAT, baru dapet punya HONDA VARIO; IN = 0,14 ~ 0,18mm dan EX = 0,23 ~0,27mm. Kalau sudah ada nanti saya kasih tahu 
 



 
Baut penutup silinder head 12 N.m (1,2 Kgf.m), pastikan karet penyekat (gasket) sudah masuk pada alurnya dan dilap kering agar tidak meleset saat dikencangkan.
 
 
 
 
 
Sebelum semua dipasang kembali seperti semula, untuk soket-soket kelistrikan bengkelsepedamotor berikan pelumas supaya aliran listriknya lancar dan menghindari oksidasi pada kepala terminalnya. 

Posting menarik lainnya untuk anda